DOKTERnya DUKCAPIL

Ada yang berbeda di stand Dinas Dukcapil pada Padang Panjang Expo kali ini. Kehadiran seorang DOKTER manis yang siap melayani pertanyaan setiap pengunjung stand. Dia adalah DOKTER DUKCAPIL. Tugas khususnya adalah melakukan pemeriksaan terhadap “kesehatan” Kartu Keluarga.

DOKTER DUKCAPIL merupakan salah satu inovasi yang diusung oleh Dinas Dukcapil Padang Panjang. Ia lahir akibat keresahan kami terhadap data warga yang tidak diperbaharui bahkan hingga belasan tahun. Berbeda dengan Akta dan KTP, Kartu Keluarga bisa saja diperbaharui setiap tahun. Misalnya tahun lalu anak belum bersekolah, maka data pendidikan dan pekerjaannya perlu diubah tahun ini. Perubahan tersebut untuk akuratnya data kependudukan ketika dilakukan pengelompokan data seperti : pendidikan terakhir, pekerjaan, golongan darah.

Sebagaimana diamanatkan Undang-Undang No. 24 tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan Pasal 58 ayat (4) bahwa data kependudukan yang digunakan untuk semua keperluan adalah Data Kependudukan dari Kementerian yang bertanggungjawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri, antara lain untuk pemanfaatan pelayanan publik, perencanaan pembangunan, alokasi anggaran, pembangunan demokrasi, penegakan hukum, dan pencegahan kriminal.

Dengan pentingnya peran data kependudukan seperti disebutkan tadi, maka akan sangat berpengaruh ketika warga tidak melakukan pembaharuan datanya. Banyak bantuan akan salah sasaran, beasiswa yang tidak tepat dan perencanaan penganggaran yang tidak akurat sehingga proses pembangunan akan berjalan lambat. 

Pada tahap uji coba (Februari 2020), DOKTER DUKCAPIL dihadirkan secara offline pada even-even kota. Petugas yang ditunjuk sebagai DOKTER DUKCAPIL berfungsi sebagai pemberi diagnosa terhadap data dalam Kartu Keluarga untuk ditemukan penyakit/masalah ketidak-sesuaian data dan ketidak-lengkapan dokumen kependudukan. DOKTER DUKCAPIL akan memberikan resep pengobatan berupa pemberian informasi alur pelayanan dan persyaratan pelayanan. Namun dengan kondisi pandemi saat ini, even-even tidak lagi diadakan dan kerumunan dihindari. Tapi, kami tidak berhenti disitu saja. Kami mengembangkan DOKTER DUKCAPIL kebentuk digital yaitu melalui aplikasi WhatsApp. Warga dapat mengirimkan pesan Whatsapp ke nomor 0858-3058-9000 dengan format pesan : Nomor Kartu Keluarga # Nama Kepala Keluarga ,

DOKTER DUKCAPIL akan menyampaikan permasalahan data dan solusinya.

DOKTER DUKCAPIL bertugas pada hari kerja dan jam kerja (07.30 – 16.00, 5 hari seminggu). Sosialisasi layanan ini kami lakukan melalui Facebook Disdukcapil Padang Panjang, Instagram dukcapil.padangpanjang, website resmi dukcapil.padangpanjang.go.id, SMS Broadcast DUKCAPIL PP, serta pesan siaran melalui aplikasi Whatsapp DOKTER DUKCAPIL.

Cara ini dinilai cukup efektif untuk membangkitkan kesadaran masyarakat untuk memperbaharui secara berkala data-data di dalam Kartu Keluarga. Selain itu banyak juga diantara warga yang tidak mengetahui alur layanan dan persyaratan layanan, sehingga kehadiran DOKTER DUKCAPIL terasa semakin dekat.

Apalagi didukung pula dengan layanan online tanpa tatap muka ke Kantor Dinas Dukcapil, mulai dari pengecekan data, hingga pengurusan dokumen dapat dilakukan dari mana saja.

Anda mengalami kesulitan ? Silahkan hubungi kami