DATA KEPENDUDUKAN

oleh : Rimanita Erizon, SE, ME

Administrasi kependudukan adalah rangkaian kegiatan penataan dan penertiban dalam penerbitatan dokumen dan data kependudukan melalui pendaftaran penduduk, pencatatan sipil, pengelolaan informasi administrasi kependudukan serta pendayagunaan hasilnya untuk pelayanan [ublik dan pembangunan sector lain (Pasal 1 Permendagri 102/2019).

Khusus pada pembahasan kali ini, penulis akan berfokus pada data kependudukan. Data kependudukan adalah data perseorangan dan/atau data agregat yang terstruktur sebagai hasil kegiatan pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil (Pasal 1 Permendagri 102/2019).

1. DATA PERSEORANGAN

Data Perseorangan menurut UU Nomor 24 Tahun 2013 Pasal 58 ayat (2) meliputi Nomor Kartu Keluarga, Nomor Induk Kependudukan, nama lengkap, jenis kelamin, tempat lahir, tanggal/bulan/tahun lahir, golongan darah, agama/kepercayaan, status perkawinan, status hubungan dalam keluarga, cacat fisik dan/atau mental, pendidikan terakhir, jenis pekerjaan, NIK ibu kandung, nama ibu kandung, NIK ayah, nama ayah, alamat sebelumnya, alamat sekarang, kepemilikan akta kelahiran/surat kenal lahir, kepemilikan akta perkawinan/buku nikah, nomor akta perkawinan/buku nikah, tanggal perkawinan, kepemilikan akta perceraian/surat cerai, sidik jari, iris mata, tanda tangan dan elemen data lainnya yang merupakan aib seseorang.

Data perseorang memuat data pribadi berupa keterangan tentang cacat fisik/cacat mental, sidik jari, iris mata, tandatangan dan elemen data lainnya yang merupakan aib seseorang.

Data perseorangan wajib disimpan dan dilindungi kerahasiaannya oleh negara.

 

2. DATA AGREGAT

Data Agregat adalah kumpulan data tentang peristiwa penting, jenis kelamin, kelompok usia, agama, pendidikan dan pekerjaan (Penjelasan Pasal 58 ayat 3 UU 24 Tahun 2013).

Data agregat penduduk dapat dimanfaatkan oleh semua orang dan dapat dilakukan dengan akses situs Kemeterian Dalam Negeri.

DATA KEPENDUDUKAN

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *