PENGHAPUSAN DAN PENONAKTIFAN DATA PENDUDUK

oleh Rimanita Erizon, SE, ME

 

Beberapa bulan belakangan ini warga sibuk membicarakan pembagian bantuan sosial. Bantuan ini merupakan langkah nyata pemerintah dalam mengatasi dampak ekonomi masyarakat yang terdampak pandemi Covid-19. Dalam pembagiannya muncul permasalahan, salah satunya terkait warga yang tidak berdomisili di Padang Panjang namun secara administratif tercatat di Padang Panjang. Untuk mengatasi hal tersebut, Pemerintah Kota Padang Panjang melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil melahirkan Peraturan Walikota Padang Panjang Nomor 65 Tahun 2020 tentang Penataan Kependudukan di Kota Padang Panjang. Salah satu pasal didalamnya menegaskan : (1) penghapusan data penduduk yang tidak diketahui dalam database kependudukan Daerah, dan (2) penonaktifan data penduduk yang sudah tidak berdomisili di Daerah (red:Padang Panjang).

Langkah ini dilakukan agar kedepannya, baik pemberian bantuan sosial terdampak Covid-19 maupun bantuan-bantuan lainnya yang dasar pemberiannya adalah “Warga Padang Panjang” lebih tepat sasaran.

Pendataan terhadap Penduduk Domisili dan Non Domisili dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil bersama Lurah dan Pengurus RT setiap 1 (satu) tahun sekali.

Penghapusan dan penonaktifan data penduduk diatas, terlebih dahulu melalui tahap pendataan dan verifikasi – validasi.

Pada tahap verifikasi dan validasi data, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil membentuk petugas khusus yang akan melakukan coklit Kartu Keluarga ke alamat penduduk. Tujuannya adalah untuk : (1)memeriksa dan mengkaji kebenaran data penduduk (2)menetapkan keabsahan data penduduk, dan (3)tersedianya data penduduk yang terkini berdasarkan hasil verifikasi dan validasi.

Kedepannya, agar tercipta tertib administrasi kependudukan, diharapkan agar warga yang pindah keluar maupun pindah datang langsung mengurus Kartu Keluraga dan KTP/KIA sesuai domisili baru.

PENGHAPUSAN DAN PENONAKTIFAN DATA PENDUDUK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *