PEMANFAATAN DATA PERSEORANGAN PENDUDUK

oleh Rimanita Erizon, SE, ME

Data Perseorangan merupakan data dari hasil pelayanan administrasi kependudukan dengan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan yang tersambung dengan pusat data Kementerian Dalam Negeri. Data tersebut kemudian dikonsolidasikan dan dibersihkan oleh Menteri melalui Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil dan tersimpan di Data Warehouse yang dikelola Kemendagri.

Pemanfaatan Data Perseorangan dapat dilakukan dengan mekanisme:

  1. Penggunaan Card Reader

Card Reader merupakan alat pembaca data elektronik yang tersimpan di dalam cip KTP-el melalui verifikasi sidik jari 1:1.

  1. Akses Web Service

Web service adalah sekumpulan data (database) perangkat lunak atau bagian dari perangkat lunak yang dapat diakses secara jarak jauh (remote) oleh berbagai piranti lunak dengan sebuah perantara tertentu.

  1. Akses Web Portal

Web Portal adalah Aplikasi website yang menjadi pintu gerbang/starting point yang digunakan pengguna untuk mengakses data kependudukan.

 

 

Data kependudukan yang dimanfaatkan merupakan data dari Kementerian yang bertanggung jawab dalam urusan pemerintahan dalam negeri (Kementerian Dalam Negeri). Pemanfaatannya meliput:

  1. untuk pelayanan publik,
  2. untuk perencanaan pembangunan,
  3. untuk alokasi anggaran,
  4. untuk pembangunan demokrasi,
  5. untuk penegakan hukum dan pencegahan kriminal,

Dalam pemanfaatannya, untuk mengatur teknis penyelenggaraannya Kementerian Dalam Negeri menerbitkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan. Bagi Lembaga Pengguna yang akan memanfaatkan data kependudukan, wajib mempedomani Peraturan tersebut.

PEMANFAATAN DATA PERSEORANGAN PENDUDUK

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *